Pesona Keindahan Wisata Pantai Kuta Bali

Walaupun pulau Dewata Bali terkenal memiliki banyak kawasan wisata selain pantai, tetap saja popularitas kawasan wisata alam pantai di Bali menjadi destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ketempat ini. Nah, salah satu pantai yang sangat populer dan namanya juga sangat melegenda, terkenal tidak hanya di dalam negeri saja tetapi sampai ke mancanegara, pantai tersebut adalah Pantai Kuta Bali.

Sejarah Kawasan Wisata Pantai Kuta Bali

Pesona kawasan wisata Pantai Kuta Bali dikagumi para wisatawan mancanegara, Kuta yang dahulunya sebagai lokasi pemukiman para nelayan tradisional, dan salah satu pelabuhan di Bali, kini perlahan berubah menjadi sebuah lokasi wisata yang populer. Bahkan sudah menjadi salah satu simbol pariwisata Bali selain Patung GWK di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

Sejarah pantai ini tentu mengingatkan pada Sejarah Pantai Nusa Dua sebelum populer sebagai lokasi wisata elit di Bali. Sejarah Pantai Kuta Bali menjadi sangat populer seperti sekarang yakni berawal, saat seorang turis bernama Hugh Mahbett mempublikasikan karyanya berupa buku yang berjudul Praise to Kuta.

Buku Hugh Mahbett merupakan sebuah buku yang menjelaskan tentang menumbuhkan kesadaran dan juga ajakan pada masyarakat sekitar untuk membangun Kuta menjadi sebuah lokasi wisata.

Hugh Mahbett sangat menyadari betapa indahnya pantai kuta berpadu dengan keragaman adat istiadat dan budaya masyarakat akan menjadi daya tarik banyak orang untuk berkunjung ketempat ini.

Maka dari itu di dalam bukunya dia menghimbau kepada seluruh masyarakat sekitar, dengan dukungan pemerintah daerah untuk mulai membangun akomodasi dan fasilitas pendukung wisata yang memadai. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi suatu saat adanya lonjakan jumlah pengunjung yang datang ke Bali, khususnya ke Pantai Kuta.

Dan ternyata usahanya membuahkan hasil, Buku Hugh Mahbett tersebut sukses menginspirasi banyak orang, sejak saat itu baik warga dan kalangan sawasta serta pemerintah daerah bahu-membahu membangun berbagai akomodasi di kawasan wisata Pantai Kuta.

Mulai dari lokasi penginapan baik villa, hotel, dan resort, lalu pusat kuliner seperti resto, dan cafe-cafe serta tempat hiburan dan lain sebagainya.

Daya Tarik Kawasan Wisata Pantai Kuta Bali

 

Ada banyak alasan mengapa kamu harus mengunjungi kawasan wisata pantai kuta Bali, antara lain sebagai berikut:

Memiliki pantai Pasir Putih yang Cantik

Kawasan wisata Pantai Kuta merupakan salah satu Pantai di Bali yang mempunyai garis pantai berpasir putih dan bersih serta keindahan panoramanya. Garis Pantai Kuta Bali mempunyai panjang kurang lebih sejauh 5 KM, dan masuk dalam kategori lokasi dengan garis pantai terbaik di pulau Dewata. Selain itu, kawasan pantai ini sangat aman sebagai tempat berlibur bersama anggota keluarga tercinta.

Lokasi Surfing Skala Internasional

Kawasan wisata Pantai Kuta terkenal mempungai ombak yang bagus untuk berselancar, terutama untuk para peselancar yang masih belajar. Ombak Pantai Kuta mempunyai karakter dimana ombaknya cukup panjang dan sangat besar dibagian tengah-tengah lautnya. Hal ini pastinya sangat cocok untuk tempat berselancar.

BACA JUGA  Pesona Keindahan Kawasan Wisata Pantai Padang Padang Bali

Oleh karena itu, jangan kaget bila kamu berkunjung ke tempat ini menyaksikan banyak para wisatawan yang hilir mudik membawa papan selancar. Bahkan gelombang ombak di pantai kuta ini berhasil menarik minat turis asing untuk berselancar dan berkompetisi pada event atau Kejuaraan Dunia Selancar Air.

Tempat Menyaksikan Keindahan Sunset

Nah, bila sebelumnya kamu hanya mengetahui Pantai Sindhu dan Pantai Matahari Terbit di Sanur saja untuk menyaksikan keindahan Sunrise di Bali. Ternyata untuk merasakan nuansa romantis ketika matahari terbenam (sunset), bisa juga disaksikan di kawasan wisata Pantai Kuta Bali.

Pemandangan sunset di Pantai ini sangat luar biasa, oleh karena itu saat sore menjelang lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk menyaksikan keindahan sunset secara sempurna di Pantai Kuta ini, berkunjunglah dari pukul 16.30 WITA sampai menjelang malam hari.

Pantai yang Selalu Ramai Selama 24 Jam

Sebagai salah satu pelopor wisata di Bali yang namanya sudah populer, tidak heran bila kegiatan wisata di tempat juga berlangsung selama 24 jam nonstop. Hal ini karena pantai Kuta Bali menjadi sebuah lokasi bertemunya para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Ada banyak para pengunjung lokal dan wisatawan mancanegara yang beraktifitas ditempat ini sepanjang hari. Hal ini karena di sepanjang lokasi pantai Kuta sudah banyak berdiri pusat hiburan, kuliner, dan penginapan yang beroperasional selama 24 jam. Oleh karena itu tak salah bila kawasan wisata pantai Kuta menjadi salah satu lokasi yang populer sebagai Tempat Wisata Hiburan Malam di Bali.

Aktifitas di Kawasan Wisata Pantai Kuta Bali

Nah, supaya kamu lebih mudah mempersiapkan diri untuk mengunjungi pantai kuta Bali, berikut ada beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini, antara lain:

Berenang di Pantai Kuta

Pada umumnya kegiatan yang paling disenangi oleh para wisatawan yang datang ke pantai kuta yaitu berenang. Pantainya yang landai, dan ombak dibagian tepi pantai yang tak terlalu besar, sangat aman untuk melakukan kegatan berenang.

Tidak hanya orang dewasa saja yang berenang , anak kecil dan remaja juga dapat bemain air di pantai kuta.Terlebih keamanan di sekeliling pantai kuta juga sangat bagus, karena sudah ada tim penyelamat yang siap memantau keadaan para wisatawan.

Ada sekitar 40 penjaga pantai yang selalu bersiaga ditempat ini, mereka tersebar di 3 pos dan dibagi menjadi 2 kelompok jaga, Kelompok pertama bertugas dari jam 7 pagi – 2 siang, dan kelompok kedua bertugas dari jam 12 pagi – 7 malam.

Berselancar di Pantai Kuta

Sebagai kawasan favorit peselencar profesional, pantai kuta juga sangat bagus untuk para peselancar pemula atau yang ingin belajar.

Untuk kamu hanya sekedar ingin mencoba, tak perlu khawatir disepanjang pantai kuta ini kamu dengan mudah bisa menemukan tempat penyewaan papan surfing dengan harga yang bervariasi dan sangat terjangkau. Biaya penyewaan alat selancar berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 150.000 per jam.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Daerah Seminyak Bali

Nah, untuk yang ingin belajar berselancar, di Pantai Kuta Bali juga ada tempat latihan surfing. Kamu akan didampingi pemandu selancar yang telah berpengalaman dan selalu siap membantu kamu untuk mengarungi ombak pantai. Sehingga kamu tak perlu takut lagi saat memecah ombak di Pantai Kuta.

Selain berenang dan selancar kamu juga dapat melakukan kegiatan lainnya seperti, Berjemur, Pijat Refleksi, hingga berselfie ria dengan orang-orang tercinta.

Fasilititas di Kawasan Wisata Pantai Kuta Bali

Menjadi kawasan wisata berkelas dunia, tentunya terdapat banyak fasilitas pendukung yang ada di tempat ini, selengkapnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata Kuliner di Pantai Kuta

Ada banyak tempat makan yang berfungsi sebagai lokasi nongkrong asyik yang banyak gemari oleh pengunjung yang datang ketempat ini, seperti Resto & Cafe. Harganya pun cukup bervariasi, dari yang mahal sampai yang murah, tinggal sesuaikan saja dengan kantong kamu.

Tempat Wisata Belanja di Pantai Kuta

Dikawasan ini juga banyak terdapat pusat perbelanjaan, salah satunya yaitu Beachwalk Shopping Centre dan Centro Discovery Shopping Mall.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Pantai Kuta Bali

Perlu kamu ketahui bila wisatawan yang berkunjung dikawasan pantai Kuta Bali ini tidak dikenakan tiket masuk alias Gratis. Kamu cukup membayar biaya parkir saja sebesar Rp. 5.000/kendaraan.

Alamat Kawasan Wisata Pantai Kuta Bali

Sesuai dengan namanya alamat kawasan wisata Pantai Kuta ini berlokasi di Kuta, bagian selatan Kota Denpasar, Bali. Lokasinya tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Ngura Rai, yang dapat ditempuh selama 20 menit.

Rute Menuju Kawasan Wisata Pantai Kuta Bali

Untuk sampai di kawasan Wisata Pantai Kuta Bali ini tidaklah sulit, ada banyak alternatif jalan yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa memakai kendaraan pribadi, menyewa mobil atau motor di Bali serta dapat juga memanfaatkan jasa taksi, sampai ojek online. Berikut ini admin akan share informasi rute dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Kuta yang jaraknya sekitar 5 KM ( 24 menit ).

  • Dari Bandara Ngurah Rai, silahkan mengambil arah ke Jl. Kemayoran dan Jl. Dewi Sartika
  • Setelah itu arahkan kendaraan ke Jl. Kartaka/Jl. Kartika Plaza Kuta, dan terus sampai ke Jl. Pantai Kuta
  • Agar lebih mudah, kami selalu menyarankan untuk memanfaatkan aplikasi penunjuk arah seperti google maps, atau Waze.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pesona kawasan Wisata Pantai Kuta Bali yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di pulau ini. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang berencana akan berwisata ketempat ini saat liburan tiba nanti. Selamat berwisata!

Bacaan lainnya