10 Tempat Wisata di Pangandaran yang Mempesona

Kalau berbicara tentang Pangandaran, pasti kata pertama yang muncul di pikiran kita adalah pantainya. Indonesia yang merupakan kepulauan memang memiliki banyak sekali pantai dengan pemandangan yang mempesona. Pacitan, Bali, Jepara dan Pangandaran, semuanya memiliki pantai yang indah. Tapi, tahukah kamu, ternyata tidak harus melulu ke pantai kalau sedang berkunjung ke Pangandaran. Berikut adalah 10 tempat wisata di Pangandaran yang mempesona, indah serta wajib dikunjungi.

10 Tempat Wisata di Pangandaran yang mempesona dan indah

1. Cukang Taneuh

Foto oleh: http://katalogwisata.com

Tempat wisata ini lebih terkenal dengan sebutan Green Canyon. Awal mula disebut Green Canyon oleh seorang berkebangsaan Perancis yang mengunjungi tempat ini pada tahun 1993. Green Canyon terletak di Desa Kertajaya, Cijulang, Ciamis. Jarak yang harus ditempuh dari kota Ciamis adalah sekitar 130 KM atau 31 KM dari Pangandaran.

Sesampainya di Gren Canyon, kamu bisa menyewa sampan dengan harga Rp 75.000 dan bisa digunakan oleh maksimal 5 orang. Sampan ini bisa disewa mulai dari 07.30 hingga 16.00. Kamu bisa menikmati indahnya ngarai dengan udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang menarik. Tempat wisata lain yang dekat dengan Green Canyon adalah pantai Batu Kara dan Bandara Nusawiru.

2. Pantai Pangandaran

Foto oleh: http://wisatasenibudaya.com

Tujuan utama ketika berlibur ke Pangandaran pastilah pantainya. Pantai Pangandaran menjadi primadona wisatawan, letaknya berada di Desa Penanjung, Kecamatan Pangandaran. Kalau dari arah Ciamis, kamu harus menempuh jarak ke arah selatan sekitar 92 KM.

Pantai Pangandaran menyuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang memukau mata. Kamu juga bisa berenang atau bermain air laut dengan aman karena pantainya yang landai. Akses ke lokasi pantai Pangandaran sangat mudah, jalan yang dilalui beraspal dan dilengkapi dengan lampu penerangan yang baik.

3. Pantai Batu Karas

Foto oleh: http://wisatapriangan.co.id

Pantai ini terletak di desa Batukaras, sekitar 34 KM dari Pangandaran. Tempat wisata ii merupakan tempat wisata dengan suasana tenang dan gelombang laut yang bersahabat, sehingga dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

BACA JUGA  7 Rekomendasi Hotel Dekat Bandara Soekarno Hatta yang Wajib Kamu Coba

Tempat wisata ini juga cocok bagi kamu yang memiliki hobi surfing. Tak perlu khawatir soal akomodasi karena di sekitar pantai banyak terdapat hotel dan penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget kamu.

4. Goa Sumur Mudal

Foto oleh: http://jalanwisata.id/

Tempat wisata di Pangandaran bukan hanya pantai. Gua alam juga salah satu tempat wisata di Pangandaran yang banyak diminati. Salah satunya adalah Goa Sumur Mudal ini.

Nama goa ini didapat karena dulunya di dalam gua ini terdapat mata air yang bentuknya menyerupai sumur dengan air yang “mudal” atau mendidih dalam bahasa Indonesia.

5. Curug Bojong

Foto oleh: https://www.lovely-holiday.com

Sebelum bernama Curug Bojong, tempat wisata yan gsatu ini dinamakan Curug Sawangan. Kenapa dinamakan Curug Bojong, karena air sungainya berasal dari kampung Bojong. Kalau kamu ingin menuju tempat ini dari Pangandaran, kamu bisa ambil jalur Babakan lalu ke Sukahurip dengan jarak tempuh 6 KM saja.

6. Pantai Keusik Luhur

Foto oleh: http://jalanwisata.id

Pantai Keusik Luhur terletak di desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak atau berjarak kurang lebih 45 KM dari kota Pangandaran. Perpadauan antara pemandangan alam pegunungan dan birunya laut menjadi ciri khas dari pantai ini.

Dari atas bukit yang ada di pantai Keusik Luhur, kamu bisa melihat pemandangan ombak yang menghantam karang. Nama Keusik Luhur sendiri ternyata juga diambil dari latar belakang pantai Ini. Keusik artinya pasir sedangkan luhur artinya tinggi. Nama tersebut diambil karena gelombang laut yang besar membuat pasir terangkat tinggi ke batu karang.

7. Santirah River Tubing

Foto oleh: http://www.janggalaadventure.com

Kalau kamu penggemar wisata air yang memacu adrenalin, kamu bisa coba mendatangi Santirah Tubing. Kamu bisa merasakan serunya berarung jeram tapi tidak dengan menggunakan perahu karet, melainkan dengan menggunakan ban besar.

BACA JUGA  Liburan Asyik di De Voyage Bogor

Aliran sungai di Santirah yang ada di desa Selasari akan membuat kamu basah lengkap dengan sensasi terombang-ambing di antara aurs dan bebatuan sungai. Jarak tempat wisata ini dengan kota Pangandaran hanya 15 KM saja.

8. Saung Muara

Foto oleh: http://www.geo-outbound.com

Kalau kamu mencari pantai yang bisa dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau tempat, maka tempat wisata Saung Muara ini adalah tempat yang tepat. Terletak di ujung jalan Pamugaran, lokasi ini dapat kamu tempuh dari pintu masuk Pangandaran, belok kanan lalu jalan sekitar 1 KM.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk dan mangrove di sekelilingnya. Selain itu terdapat juga pemandangan para nelayan yang sibuk mencari ikan. Saung Muara memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti gazebo dan musholla.

9. Pangandaran Waterpark

Foto oleh: Youtube.com

Kalau tempat wisata yang satu ini terbilang baru di Pangandaran. Meski demikian bukan berarti tempat ini tidak layak untuk dikunjungi. Letaknya yang berada di pinggiran pantai Lembah Putri membuat waterpark ini memiliki keunikan tersendiri. Posisinya pun tak jauh dari kota Pangandaran, hanya sekitar 5 KM.

Selain menjajal kolam, kamu juga bisa berkendara ATV di Pangandaran Waterpark. Biaya masuknya pun cukup terjangkau, hanya Rp 10ribu sampai Rp 25ribu.

10. Pantai Karapyak

Foto oleh: https://www.mypangandaran.com

Pangandaran memang terkenal dengan pantainya. Salah satu yang tak boleh kelewatan adalah Pantai Karapyak. Tempat wisata ini terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Ciamis atau sekitar 20 KM dari pantai Pangandaran. Kalau kamu bertolak dari alun-alun Ciamis, kamu perlu menempuh jarak sekitar 78 KM.

Jalan ke Pantai Karapyak juga sudah layak dan ada penunjuk jalan. Tak perlu khawatir tersesat. Sayangnya belum ada angkutan umum atau ojek yang tersedia untuk menuju pantai ini.

Bacaan lainnya