12 Tempat Wisata di Bogor yang Kekinian dan Wajib Dikunjungi

Selain Bandung, ada satu daerah lagi yang menjadi idola tempat berlibur warga Jakarta yaitu kota Bogor. Lokasi Bogor sendiri memang cukup dekat dari Jakarta. Selain bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, kota Bogor juga bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan umum seperti bis ataupun KRL.

Kota yang terkenal dengan julukan kota hujan ini menawarkan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, alam hingga wisata edukasi bagi keluarga. Penasaran tempat wisata di Bogor yang kekinian dan asik untuk dikunjungi? Simak ulasannya berikut ini!

Tak perlu jauh-jauh, inilah 12 tempat wisata di Bogor yang kekinian dan wajib dikunjungi

1. Kebun Raya Bogor

Sebagai ikon kota Bogor, kurang rasanya kalau tidak menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Bukan hanya duduk-duduk santai atau jalan santai menikmati sejuknya kota Bogor, kamu juga bisa sekaligus belajar mengenal beragam jenis tanaman. Saat ini terdapat lebih dari 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan yang hidup di Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor juga terkenal sebagia salah satu kebun botani yang paling tua di kawasan Asia. Kebun Raya Bogor memang sudah sejak ada sejak zaman penjajahan. Namun jangan salah, meski awalanya kebun ini hanya berisi berbagai jenis tumbuhan, Kebun Raya Bogor kini memiliki obyek wisata lain yang tak kalah cantiknya.

Pada area belakang kebun misalnya, terdapat danau yang indah, Istana Kepresidenan, jembatan gantung berwarna merah yang asik dibuat selfie serta museum Zoologi yang letaknya tidak jauh dari Kebun Raya Bogor.

2. Kampung Budaya Sindang Barang

Kalau kamu sedang mood untuk melakukan wisata edukasi, bisa datang ke Kampung Budaya Sindang Barang. Konon katanya tempat ini sudah berdiri sejak abad ke 12!

Berdasarkan sejarahnya, Sindang Barang merupakan lokasi tempat tinggal atau bisa disebut keraton salah satu istri dari Prabu Siliwangi. Kalau berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang, kamu akan menjumpai banyak bangunan rumah tua yang masih asli, panggung pementasan yang menampilkan kesenian asli Sunda, tarian tradisional serta gambaran kondisi kasepuhan Sunda di masa lampau.

3. Taman Wisata Mekarsari

Kalau Kebun Raya Bogor adalah kebun botani paling luas di Indonesia, maka Taman Wisata Mekarsari adalah taman buah terbesar di Indonesia. Luas taman wisata ini sekitar 264 hektar. Ada lebih dari 1470 varietas tanaman dan 100 ribu pohon di Taman Wisata Mekarsari.

Taman Wisata Mekarsari beralamat di Jl. Raya Jonggol – Cileungsi KM. 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Kamu bisa menikmati serunya memetik dan mencicip buah langsung dari pohonnya. Taman Wisata Mekarsari mengusung konsep rekreasi, edukasi, reboisasi dan konservasi. Selain menikmati kesegaran buah langsung dari pohonnya, kamu juga bisa berkeliling dengan kereta untuk menyaksikan koleksi tanaman buah, menjajal wahana outbound, family camp, permainan banana boat hingga floating donut. Asik, kan?!

BACA JUGA  4 Tempat Wisata Di Majalengka Terbaik Dan Paling Populer

Taman Wisata Mekarsari buka setiap hari dari pukul 09.00–16.30 WIB dan pada pukul 08.00–17.00 di hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya Rp25.000 per orang.

4. Museum Pembela Tanah Air (PETA)

Bukan hanya memiliki keindahana alam yang tiada duanya, Bogor juga pernah terlibat dalam catatan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya, perihal pembentukan Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, atau yang lebih terkenal dengan sebutan PETA.

Kendati didirikan dengan maksud membantu Jepang dalam mengalahkan Sekutu, PETA adalah cikal bakal ketentaraan Indonesia terbentuk. Untuk mengenang jasa-jasanya maka akhirnya diabadikan melalui pembentukan Museum Pembela Tanah Air.

Kamu akan disuguhkan banyak kisah perjuangan PETA, bahkan ada juga artefak peninggalan sejarahnya. Museum Pembela Tanah Air jadi salah satu alternatif menarik dalam menumbuhkan rasa nasionalisme sekaligus refreshing.

5. Situ Gede

Ingin liburan yang santai, seru dan hemat? Kamu bisa berkunjung ke Situ Gede. Situ Gede biasanya digunakan untuk memancing, berperahu, olagraga sore atau sekedar jalan-jalan santai oleh masyarakat sekitar.

Lokasi Situ Gede terletak di tepi hutan Dramaga yang merupakan hutan penelitian miliki Departemen Kehutanan RI. Danau seluas 6 hektar ini dikelilingi oleh beragam jenis tanaman yang teduh. Tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengunjungi danau Situ Gede. Lapar atau haus? Jangan khawatir karena banyak warung makanan dan minuman yang bisa kamu datangi.

6. Gunung Pancar

Dengan tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang di hari kerja dan Rp 7.500 per orang di hari libur, berwisata ke gunung Pancar bisa dijadikan alternatif piknik yang ekonomis. Kalau kamu bertolak dari Jakarta, silakan lalui Tol Jagorawi dan keluar melalui exit Sentul City. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk arah ke Babakan Madang hingga Gunung Pancar.

Di kawasan Gunung Pancar, kamu bisa menyaksikan panorama hutan lindung yang penuh pepohonan pinus, ditambah sejumlah satwa yang hidup bebas di kawasan ini. Tidak jauh dari sana, terdapat pula pemandaian air panas gunung Pancar yang airnya berasal dari mata air alami.

7. Jungle Land Adventure Theme Park

Jungle Land Adventure Theme merupakan tempat tujuan wisata yang terbilang cukup baru di Bogor. Dengan luas area sekitar 35 hektar, kamu bisa menjajal sekitar 30 wahana dan atraksi menarik. Wahana dan atraksi tersebut dirancang dengan konsep yang unik serta ramah untuk semua golongan usia. Jika lapar, banyak kafe dan restoran dengan masakan kuliner lezat yang bisa kamu kunjungi.

8. Gunung Batu Jonggol

Kalau kamu masih tergolong pemula dalam mendaki gunung, Gunung Batu Jonggol bisa jadi pilihan tujuan wisata. Gunung Batu Jonggol lebih menyerupai bukit daripada gunung. Hal ini karena Gunung Batu Jonggol hanya memiliki ketinggian sekitar 200 M saja.

BACA JUGA  10 Tempat Wisata di Jepara yang Hits dan Wajib Dikunjungi

Apabila bertolak dari Jakarta, menuju Gunung Batu Jonggol bisa melalui Cileungsi arah Jonggol. Lanjut ke Kampung Menger. Jika bertolak dari Cibinong, kamu bisa memilih rute Citereup menuju Tajur lalu dilanjutkan ke Sukamakmur. Untuk mendaki Gunung Batu Jonggol, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

9. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu memiliki nama asli Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya. Namun karena lokasinya di Cariu, Bogor, jadilah orang setempat menamainya penangkaran rusa Cariu.

Area seluas lima hektar ini memiliki beragam jenis rusa. Seperti rusa Jawa dan rusa Bawean. Kamu bisa memberi makan rusa-rusa ini secara langsung. Untuk bisa masuk ke penangkaran rusa Cariu, kamu harus membayar Rp 2.500 per orang. Jalan masuknya melalui jembatan kayu sepanjang 30 meter.

Penangkaran Rusa Cariu ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 14.00 WIB.

10. Air Panas Tirta Sanita

 

Tujuan berwisata adalah menghilangkan penat dan lelah karena aktivitas sehari-hari. Termasuk menyegarkan badan yang capek selama bekerja. Berendam di air panas bisa jadi aktivitas wisata yang tepat.

Apabila kamu berkunjung ke kota Bogor, kamu bisa berendam air panas di Tirta Sanita. Lokasinya berada di wilayah Ciseeng. Orang-orang setempat menamainya pemandian air panas Ciseeng. Bukan hanya menyediakan fasilitas berendam air panas, Tirta Sanita juga memiliki wahana permainan outbond, penginapan hingga warung kuliner untuk memanjakan lidah dan perut kamu.

11. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

 

 

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata bunga sakura? Negeri Jepang, pastinya. Namun jangan salah, tumbuhan yang awalnya diyakini hanya bisa tumbuh di negara 4 musim ini ternyata bisa tumbuh di Indonesia. Berlokasi di desa Cimaca, Cipanas, Taman Sakura di Bogor sangat mudah diakses. Baik dari Jakarta atau Bogor, cukup ambil rute ke Cibodas dilanjutkan menuju Cipanas.

Biaya masuknya juga relatif murah, hanya Rp 10.000 per orang. Oh ya, untuk menikmati bunga sakura di Kebun Raya Cibodas ini, kamu bisa berkunjung antara bulan Januari hingga Februari dan Juli hingga Agustus. Pada dua periode tersebut bunga sakura sedang bermekaran.

12. The Highland Park Resort

Berlokasi di lerang gunung Salak, tempat wisata ini adalah resort dengan konsep tenda bangsa Mongolia. Alamat tepatnya berada di Jl. Curug Nangka, Kp Sinar Wangi, Sukajadi, Bogor. The Highland Park Resot menyediakan beragam wahana outbond, mulai dari edu-camp, area menembak, flying fox yang asik dan tentu saja ada permainan ramah anak.

Bogor, kota hujan dengan beragam tempat tujuan wisata

Meski sering diguyur hujan, kota Bogor masih jadi pilihan sebagian besar warga Jakarta dalam menghabiskan akhir pekan. Jadi, sudah menentukan mau kemana di Bogor?

Bacaan lainnya