Daftar Pantai di Pacitan yang Wajib Kamu Kunjungi

Pacitan adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat daya provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pacitan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Selain terkenal sebagai kota pariwisata, kabupaten Pacitan juga terkenal akan julukan kota Seribu Goa.

Salah satu yang menjadi daya tarik Pacitan adalah kekayaan alamnya yang luar biasa. Mulai dari wisata pantai hingga mengunjungi puluhan goa. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat Pacitan memiliki banyak pantai indah yang sayang untuk dilewatkan. Kalau kamu berencana main-main Pacitan, berikut ada 8 rekomendasi pantai di Pacitan yang wajib kamu kunjungi.

8 Pantai di Pacitan yang wajib dikunjungi. Indahnya tak kalah dengan pantai-pantai di Bali!

1. Pantai Klayar

Pada urutan pertama ada Pantai Klayar. Pantai ini berlokasi di kecamatan Donorojo, kurang lebih berjarak sekitar 35 KM arah barat kota Pacitan. Untuk mencapainya, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam.

Pantai Klayar bisa dibilang cukup alami. Begitu pun dengan jalanan yang harus dilalui. Alias masih banyak tanjakan dan turunan yang harus dilalui dengan ekstra hati-hati. Ada pula beberapa bagian jalan yang sudah rusak.

Keistimewaan dari pantai Klayar adalah pasirnya yang seputih susu. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di kabupaten Pacitan. Selain pasir putih, pantai Klayar juga memiliki batu karang yang bentuknya menyerupai Sphinx dan air mancur alami dengan tinggi mencapai 10 meter.

Gradasi warna air laut dari biru hingga hijau toska dipadu dengan putihnya pasir pantai membuat siapa saja yang memandang bisa dipastikan jatuh cinta dengan pantai Klayar.

2. Pantai Teleng Ria

Lokasinya paling dekat dengan kota Pacitan. Pantai Teleng Ria bisa dicapai dengan waktu perjalanan 15 sampai 30 menit apabila tidak sedang macet.

Pantai Teleng Ria memiliki bentuk yang menjorok ke laut sehingga bisa disebut juga sebagai teluk. Pantai ini termasuk dalam jajaran pantai selatan dengan pasir putih yang membentang luas sepanjang 3 KM.

Selain menikmati indahnya pasir putih, air laut yang biru dengan background rangkaian gunung Limo, kamu juga bermain air dengan aman di Pantai Teleng Ria. Ombaknya yang tidak terlalu besar cocok bagi kamu yang ingin bermain di laut, mandi ataupun berenang. Bagi yang ingin membawa oleh-oleh, kamu bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan di tempat pelelangan ikan.

BACA JUGA  10 Tempat Wisata di Jepara yang Hits dan Wajib Dikunjungi

3. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak di desa Widoro, kecamatan Donorojo. Pantai ini masuk ke dalam salah satu daftar pantai di Pacitan yang harus kamu kunjungi karena keindahan alamnya.

Kenapa dinamakan Banyu Tibo? Karena Banyu Tibo dalam bahasa Jawa memiliki arti air yang jatuh. Sesuai dengan kondisi pantai ini yang memiliki air terjun di tepiannya.

Air terjun di pantai Banyu Tibo berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Aliran air sunga inilah yang terjun ke laut dan menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil. Oh ya, sungai ini tidak pernah kering loh saat musim kemarau dan lagi airnya sangat jernih.

4. Pantai Buyutan

Masih berada di kecataman Donorojo. Pantai Buyutan terletak tidak jauh dari pantai Klayar. Jaraknya dari kota Pacitan sekitar 44 KM dan hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada angkutan umum yang beroperasi di sekitar pantai Buyutan.

Kalau kamu menyukai pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai, pantai Buyutan wajib kamu kunjungi. Pantai ini bisa dibilang masih perawan dan belum banyak wisatawan yang berkunjung. Pasir pantainya putih dan kondisinya masih sangat bersih. Air launtya pun jernih.

Karena kondisinya yang masih sangat alami, belum banyak pula fasilitas umum layaknya di tempat wisata lain. Jadi kalau kamu berkunjung ke pantai Buyutan, bantu jaga kealamiannya dengan tidak meninggalkan sampah sembarangan ya.

5. Pantai Karang Bolong

Masih di seputaran kecamatan Donorojo, ada pantai Karang Bolong yang berlokasi di kelurahan Sendang. Sayangnya akses ke pantai ini bisa dibilang belum terlalu baik. Terlebih jika baru saja turun hujan.

Keistimewaan dari pantai ini adlaah kamu dapat menikmati pantai selatan lengkap dengan tebing-tebing kokoh yang diselimuti dengan tumbuhan hijau. Letak tebing ini berada di tepi barat dan menjorok ke laut. Sekilas pantai ini tidak jauh beda dengan pantai Uluwatu di Bali.

BACA JUGA  Liburan Asyik di De Voyage Bogor

6. Pantai Srau

Kalau kamu ingin menikmati pantai yang mirip dengan pantai Klayar, ada pantai Srau yang bisa dijadikan tujuan. Pantai Srau berlokasi di desa Candi, kecamatan Pringkuku atau sekitar 25 KM ke arah barat kota Pacitan. Akses menuju pantai ini cukup berkelok-kelok dan lebar jalan relatif sempit.

Ciri khas pantai Srau adalah pasirnya yang sangat putih dan batu karang yang menjorok ke arah laut. Pantai Srau pernah digunakan sebagai lokasi syuting sebuah film layar lebar berjudul Tania. Masih ingat?

7. Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh merupakan salah satu pantai di Pacitan yang isa diakses dengan relatif mudah. Untuk menuju pantai Kali Uluh, kamu bisa melewati jalur lingkar selatan. Rute yang dapat kamu ambil adalah dengan melalui jalur lingkar selatan sampai fly over Gayam lalu belok kiri melewati pasar Gayam. Teruskan perjalanan sampai bertemu fly over. Sesampainya di pertigaan setelah gapura masuk Desa Klasem, jalan terus sampai bertemu pertigaan kedua. Selanjutnya ambil lajur kanan dan ikuti jalan yang ada sampai tiba di pantai Kali Uluh.

Pantai Kali Uluh adalah salah satu pantai yang memiliki ombak besar sehingga sering digunakan sebagai lokasi surfing bagi pecinta olahraga surfing. Pemandangan batu karang yang tersebar di tepi pantai menambah keindahan pantai ini.

8. Pantai Watu Karung

Berlokasi di desa Watu Karung, kecamatan Pringkuku, Pacitan, pantai ini bisa dicapai dengan 1.5 jam perjalanan. Jaraknya sekitar 25 sampai 30 KM dari kota Pacitan.

Kalau kamu hendak menuju pantai Watu Karung, pastikan untuk menggunakan kendaraan pribadi yang dalam kondisi prima. Sebab banyak tanjakan dan turunan yang harus dilalui.

Selain berpasir putih, pantai Watu Karung memiliki ombak yang memanjakan para penggemar olahraga surfing.

Jadi, pantai di Pacitan mana yang akan kamu kunjungi?

Bacaan lainnya