10 Tempat Wisata di Banda Aceh Pilihan

Serambi Mekah adalah julukan yang diberikan untuk provinsi paling barat Republik Indonesia. Banda Aceh yang kerap diidentikkan dnegan bencana tsunami tahun 2006 silam ternyata menyimpan segudang tempat wisata yang cantik.

Kalau kamu berencana mengunjungi tempat kelahiran pahlawan wanita Indonesia, Cut Nyak Dien, silakan baca tulisan ini untuk mengetahui apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Banda Aceh.

1. Museum Tsunami Aceh

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Mengunjungi kota Aceh, tak lengkap rasanya bila tak mengenang bencana Tsunami yang melandanya 12 tahun silam. Untuk napak tilas museum tersebut, dibangunlah Museum Tsunami Aceh. Museum tersebut dirancang oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan menghabiskan biaya 140 milyar untuk pembangunannya.

Museum Tsunami Aceh berada di Jalan Sultan Iskandar Muda No 3, Suka Ramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Jam bukanya setiap hari mulai dari 9 pagi sampai dengan 5 sore. Berada di dalam museum ini kamu bisa melihat bagaimana dashyatnya musibah Tsunami yang melanda kota Aceh kala itu. Artefak tsunami juga tersimpan dengan rapi di dalam museum ini. Kamu juga bisa melihat miniatur ombak tsunami yang waktu itu memporak-porandakan kota Banda Aceh.

2. Museum Negeri Aceh

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Berlokasi di Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Museum Negeri Aceh menyimpan banyak sejarah dan budaya provinsi Banda Aceh. Kamu bisa melihat banyak koleksi dan benda-benda peninggalan sejarah kota Aceh di masa lampau. Awalnya, Museum Negeri Aceh hanya memiliki satu bangunan yaitu Rumoh Aceh yang juga merupakan rumah tradisional masyarakat Aceh.

Memasuki Museum Negeri Aceh, kamu bisa menikmati banyak foto pahlawan dan benda-benda perjuangan seperti pistol kuno, rencong, meriam dan senjata tradisional lainnya. Museum ini buka dari hari Selasa hingga Minggu pukul 08.30 sampai 12.00 dan dilanjutkan lagi pada pukul 14.00-16.15. Tiket masuknya pun murah, untuk anak-anak diharuskan membayar Rp 2000 saja dan bagi orang dewasa, harga tiket masuknya Rp 3000.

3. Museum Rumah Cut Nyak Dhien

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Cut Nyak Dhien adalah salah satu pahlawan berasal dari Aceh yang berjasa dalam melawan penjajahan Belanda. Untuk mengenang jasa-jasanya, Museum Rumah Cut Nyak Dhien ada. Lokasi museum ini terletak di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan untuk mencapai Museum Rumah Cut Nyak Dhien dari pusat kota Banda Aceh. Jarak yang harus ditempuh sekitar 10 KM.

BACA JUGA  7 Tempat Wisata Di Pekanbaru Yang Terbaik Dan Terpopuler

Menyusuri bagian dalam Museum Rumah Cut Nyak Dhien ini kamu bisa melihat silsilah lengkap keluarga srikandi ini. Tak perlu bingung ketika mengunjungi museum ini karena ada guide yang siap memandu kamu menikmati wisata Museum Rumah Cut Nyak Dhien.

Museum ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 12.30 dan dilanjutkan kembali pada pukul 14.00 sampai 17.00. Untuk masuk ke dalam Museum Rumah Cut Nyak Dhien tidak dipungut biaya sama sekali.

4. Masjid Raya Baiturrahman

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Salah satu yang menjadi ikon wisata di Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman. Bangunan dengan dinding putih dengan atap hitam tersebut menjadi saksi keganasan tsunami yang memporak-porandakan provinsi paling ujung barat Indonesia tersebut. Masjid ini awalnya berdiri pada tahun 1606-1636 atau bertepatan dengan pemerintahan Sultan Iskandar Muda dan menjadi tempat berkumpulnya pelajar dari India, Turki, Persia hingga Arab.

Keindahan arsitektur bangunan Masjid Raya Baiturrahman tidak perlu diragukan lagi. Masjid ini memiliki desain interior dan eksterior bergaya kesultanan Turki Ustamani yang sangat indah.

Lokasi Masjid Raya Baiturrahman berada di pusat kota Banda Aceh sehingga tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Alamat tepatnya berada di Masjid Raya, Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

5. Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Satu lagi wisata religi yang sayang untuk dilewatkan adalah berkunjung ke Masjid Baiturrahim Ulee Lheue. Lokasinya berada di Gp., Ulee Lheue, Meuraxa, Ulee Lheue, Banda Aceh. Masjid yang menjadi saksi kedahsyatan gempa dan tsunami ini bukan hanya dikunjungi oleh warga biasa. Beberapa tokoh nasional hingga internasional ternyata pernah berkunjung juga. Mantan Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono hingga Bill Clinton pernah mengunjungi Masjid Baiturrahim Ulee Lheue.

6. Makam Sultan Iskandar Muda

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Jaman dahulu kala, Aceh pernah menjadi salah satu kesultanan terbesar. Kawasan Aceh menjadi pusat persinggahan kapal-kapal dagang Eropa dan Asia. Salah satu pemimpimnya yang terkenal adalah Sultan Iskandar Muda. Kini, makamnya menjadi tujuan ziarah yang banyak dikunjungi wisatawan. Secara geografis, lokasi makam Sultan Iskandar Muda berada di Peuniti, Baiturrahman, Banda Aceh.

Kamu bisa mengunjungi Museum Negeri Aceh sekaligus dengan Makam Sultan Iskandar Muda karena lokasinya yang berdekatan. Ada beberapa tips ketika berkunjung ke Makam Sultan Iskandar Muda di Aceh yaitu: Gunakan pakaian yang sopan dan tertutup, menjaga perkataan dan yang terakhir dan tak kalah penting adalah menjaga kebersihan makam yang dikunjungi.

BACA JUGA  Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Mikie Holiday Funland Berastagi, Medan

7. Pantai Ulee Lheu

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Terletak di Desa Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, pantai ini menyuguhkan suasana tenang. Ombaknya yang tidak terlalu besar dan angin sepoi-sepoi yang bertiup membuat pantai Ulee Lheu menjadi pilihan tepat untuk bersantai. Biasanya banyak wisatawan yang berkunjung pada waktu sore hari. Menikmati pemandangan matahari terbenam dengan menyantap jagung bakar.

Pantai Ulee Lheu dibuka setiap hari dan tanpa ada biaya masuk sama sekali. Hanya saja pantai ini ditutup sebelum Maghrib untuk menghindari perbuatan yang melanggar hukum di Aceh.

8. Pantai Lampuuk

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata primadona di Aceh. Hal ini dikarenakan Pantai Lampuuk memiliki pasir pantai yang putih dengan air laut biru tosca yang menyegarkan. Sekeliling pantai Lampuuk ada deretan pohon pinus yang menambah kesejukan.

Untuk menuju pantai Lampuuk, kamu bisa melalui Babah Satu hingga Babah Empat. Semuanya berurutan dari selatan hingga utara.

9. Pantai Lhoknga

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Kalau kamu sering berwisata dan penggemar olahraga berselancar alias surfing, Pantai Lhoknga adalah destinasi wisata yang pas. Berbeda dengan pantai Lampuuk, pantai yang satu ini terkenal dengan ombaknya dan aktivitas golf serta memancing.

Pantai Lhoknga berjarak kurang lebih 22 km dari kota Banda Aceh. Selain menyuguhkan ombak yang menggelung tinggi, sunset di Pantai Lhoknga juga sayang untuk dilewatkan.

10. Monumen Pesawat RI

10-tempat-wisata-di-banda-aceh-pilihan

Terletak di lapangan Blang Padang, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Monumen Pesawat RI didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Banda Aceh dalam melawan penjajahan Belanda ketika agresi militer pada tahun 1948

Pesawat di monumen ini adalah berjenis Dakota DC-3 dengan panjang 19.66 meter dan rentang sayap 28.96 meter. Mampu terbang dengan kecepatan 346 km/jam. Pesawat ini menjadi sejarah penting cikal bakal maskapai penerbangan di Indonesia.

Itulah daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Banda Aceh yang bisa kamu kunjungi. Punya destinasi favorit di Banda Aceh yang belum ada di daftar? Sampaikan di kolom komentar ya!

Bacaan lainnya